20080505

Wisatawan China ke Kutub Selatan

Wisatawan China ke Kutub Selatan mulai Tahun 2007

Beijing – Wisatawan China kini dapat berkunjung selama 21 hari ke Kutub Selatan mulai awal tahun depan, perjalanan wisata pertama ke Semenanjung Antartika yang biasanya diperuntukkan bagi para ilmuwan.
Agar bisa melancong ke Kutub Selatan, tiap wisatawan harus membayar 80.000 yuan (US$ 10.000 menjadikan perjalanan itu sebagai wisata termahal yang ditawarkan biro-biro perjalanan Guangdong.

Menurut Guangzhou Merchant Travel Agency, salah satu penyelenggara wisata, rombongan pertama akan berangkat dari Guangzhou pada 7 Februari 2007. Mereka akan terbang melintasi separuh bumi untuk mencapai Ushuaia, Argentina, salah satu kota paling selatan di dunia.

Dari sana mereka meneruskan perjalanan dengan kapal melalui Lintasan Drake dan melewati Kepulauan South Shetland di mana mereka akan melihat penguin, anjing laut berbulu dan gajah laut sebelum tiba di Semenanjung Antartika pada 18 Februari.
Sebagian besar dari 24 anggota rombongan adalah pengusaha termasuk pengembang real estate. Semua peserta dilindungi asuransi senilai dua juta yuan (US$ 250.000. Para wisatawan harus melewati pemeriksaan medis sebelum keberangkatan. Jika gagal, mereka tidak akan diikutsertakan dalam perjalanan.
Beberapa perjalanan ke Kutub Selatan sebelumnya gagal. Sebuah perjalanan wisata di Shanghai tidak jadi berangkat karena kurangnya peminat.
Perjalanan lain yang direncanakan dari Beijing juga gagal karena tidak mendapat persetujuan dari pemerintah Argentina. Argentina akan menjadi negara tujuan bagi kelompok wisatawan China mulai 1 Januari 2007.
(xinhua/nat)